Pelajar
yang “tidak biasa” (exceptional) adalah anak-anak yang memiliki gangguan atau
ketidakmampuan dan anak-anak yang tergolong berbakat.
SIAPAKAH ANAK YANG MENDERITA
KETIDAKMAMPUAN ITU?
Disability
adalah keterbatasan (ketidakmampuan) personal yang membatasi pelaksanaan fungsi
seseorang.
Handicap
adalah kondisi yang dinisbahkan pada orang yang menderita ketidakmampuan.
Gangguan Indra
Gangguan
indra mencakup gangguan atau kerusakan penglihatan dan pendengaran.
- Gangguan penglihatan
Sering memicingkan mata, membaca buku dari jarak yang
amat dekat, sering mengucek-ucek mata, dan sering mengeluh karena pandangannya
kabur atau suram, maka suruh mereka untuk memeriksakan diri. Ini termasuk murid
yang menderita low vision dan murid buta. Anak yang menderita low vision punya
jarak pandang antara 20/70 dan 20/200. Anak yang “buta secara edukasional”
(educationally blind) tidak bisa menggunakan penglihatan mereka untuk belajar
dan harus menggunakan pendengaran dan sentuhan untuk belajar.
- Gangguan pendengaran
Anak yang tuli secara lahir atau menderita tuli saat
masih anak-anak biasanya lemah dalam kemampuan berbicara dan bahasanya.
Pendekatan pendidikan untuk membantu anak yang punya masalah pendengaran
terdiri dari dua kategori: pendekatan oral dan pendekatan manual. Pendekatan
oral antara lain menggunakan metode membaca gerak bibir. Pendekatan manual
adalah dengan bahasa isyarat dan mengeja jari.
Gangguan Fisik
- Gangguan Ortopedik biasanya berupa keterbatasan gerak atau kurang mampu mengontrol gerak karena ada masalah di otot, tulang, atau sendi. Cerebral palsy adalah gangguan yang berupa lemahnya koordinasi otot, tubuh sangat lemah dan goyah (shaking), atau bicaranya tidak jelas.
- Gangguan Kejang-kejang. Jenis yang paling sering dijumpai adalah epilepsi, epilepsi adalah gangguan saraf yang biasanya ditandai dengan serangan terhadap sensorimotor atau kejang-kejang.
Retardasi Mental
Kondisi sebelum 18 tahun yang ditandai dengan rendahnya
kecerdasan(biasanya nilai IQ-nya di bawah 70) dan sulit beradaptasi dengan
kehidupan sehari-hari.
Klasifikasi dan Tipe
Retardasi Mental
Retardasi mental di golongkan menjadi retardasi ringan,
moderat, berat, dan parah.
Penyebab
1.
Faktor genetik
a.
Down syndrome: bentuk
retardasi mental yang ditransmisikan secara genetik sebagai akibat adanya
kromosom ekstra (kromosom ke-47)
b.
Fragile X syndrome:
bentuk retardasi mental yang ditransmisikan secara genetik sebagai akibat dari
kromosom x yang tidak normal.
2.
Kerusakan otak
Fetal alcohol syndrome:
serangkaian ketidaknormalan, termasuk retardasi mental dan ketidaknormalan
wajah, yang menimpa anak dari ibu yang suka minum minuman beralkohol selama
kehamilan.
Gangguan Bicara dan Bahasa
Gangguan
bicara dan bahasa: sejumlah masalah problem bicara yaitu:
- Gangguan Artikulasi: problem dalam melafalkan suara secara benar.
- Gangguan Suara: gangguan dalam menghasilkan ucapan, yakni ucapan yang keras, kencang, terlalu keras, terlalu tinggi atau terlalu rendah nadanya.
- Gangguan Kefasihan: gangguan yang biasanya disebut “gagap”.
- Gangguan Bahasa: kerusakan signifikan dalam bahasa reseptif atau bahasa ekspresif anak.
- Bahasa Reseptif: Resepsi dan pemahaman bahasa.
- Bahasa Ekspresif: kemampuan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan pemikiran dan berkomunikasi dengan orang lain.
Ketidakmampuan Belajar
Learning
Diasbility adalah ketidakmampuan dimana anak:
- Punya inteligensi normal atau di atas rata-rata.
- Kesulitan setidaknya dalam satu atau lebih mata pelajaran.
- Tidak punya problem atau gangguan lain, seperti retardasi mental, yang menyebabkan kesulitan.
Dyslexia
adalah kerusakan berat dalam kemampuan membaca dan mengeja.
Identifikasi
Identifikasi
awal terhadap gangguan belajar biasanya dilakukan oleh guru di kelas. Apabila
dicurigai ada anak yang mengalaminya, guru akan memanggil spesialis.
Strategi Intervensi
Banyak
intervensi difokuskan pada upaya meningkatkan kemampuan membaca si anak.
Attention Deficit Hyperactivity Disorder
adalah ketidakmampuan dimana anak secara
konsisten menunjukkan satu atau lebih ciri-ciri berikut:
- Kurang perhatian
- Hiperaktif
- Impulsif
Gangguan Perilaku dan Emosional
Gangguan
Perilaku dan Emosional adalah problem serius dan terus-menerus yang berkaitan
dengan hubungan, agresi, depresi, ketakutan yang berkaitan dengan persoalan
pribadi atau sekolah, dan juga berhubungan
dengan karakteristik sosio-emosional.
ISU PENDIDIKAN YANG BERKAITAN
DENGAN ANAK YANG MENDERITA
KETIDAKMAMPUAN
1 1. Aspek Hukum
·
Individual with Disabilities
Education Act (IDEA)
·
Least Restrictive
Environment (LRE)
2 2. Penempatan dan
Pelayanan
·
Penempatan.
Penempatan anak dengan ketidakmampuan ini disusun dari tempat yang kurang
restriktif sampai ke yang paling restriktif.
·
Pelayanan. Pelayanan
untuk anak dapat disediakan oleh guru kelas regular, guru sumber daya, guru
pendidikan khusus, konsultan kolaboratif, professional lain atau tim
interaktif.
3. Orang Tua sebagai
Mitra Pendidikan
·
Teknologi. Ada dua
tipe teknologi:
1.
Teknologi
instruksional berupa berbagai tipe hardware dan software, dikombinasikann
dengan metode pengajaran yang inovatif untuk mengakomodasikan kebutuhan belajar
di kelas.
2.
Teknologi bantuan
berupa beragam perangkat dan pelayanan untuk membantu murid penderita
ketidakmampuan agar kita bisa berkomunikasi di lingkungan mereka.
ANAK-ANAK BERBAKAT
Anak
dengan kecerdasan diatas rata-rata (biasanya didefinisikan memiliki IQ 130 atau
lebih) dan/atau punya bakat unggul dibeberapa bidang seperti music, seni, atau
matemitika.
Karakteristik
Ellen
Winner (1996), mendeskripsikan tiga kriteria yang menjadi ciri anak berbakat:
- Dewasa lebih dini (precocity)
- Belajar menuruti kemauan mereka sendiri
- Semangat untuk mengawasi
Studi Terman Klasik
Steven
Ceci (1990) mengatakan bahwa analisis terhadap perkembangan kelompok dalam
studi Terman menunjukkan sesuatu yang penting.Bukan IQ saja yang membuat mereka
sukses.
Mendidik Anak Berbakat
Empat
opsi program untuk anak berbakat adalah
·
Kelas khusus
·
Akselerasi dan
pengayaan di kelas regular
·
Program mentor dan
pelatihan
·
Kerja/studi dan/
program pelayanan masyarakat
Always look forward for such nice post & finally I got you. Really very impressive post & glad to read this.
BalasHapusBest Architects in Indore
Best Interior designers in indore
i heard about this blog & get actually whateveri was finding. Nice post love to read this blog
Approved Auditor in DAFZA
Approved Auditor in RAKEZ
flaxseed oil
Approved Auditor in JAFZA
Approved Auditor in DMCC
Good luck & keep writing such awesome content.
Virgin Linseed Oil BP
cms ed
cms ed cources
I always search such wonderful blog and after so many efforts finally I got you. Keep writing the same
Pharmacy home delivery in UAE
Pharmacy near Business Bay